Daftar Blog Saya

Daftar Blog Saya

Rabu, 25 Desember 2013

Makalah Pencemaran Sungai

TUGAS ILMU ALAMIAH DASAR

MAKALAH ANALISIS PENCEMARAN LINGKUNGAN

MAKALAH
PENCEMARAN LINGKUNGAN
DI SUNGAI CILIWUNG


Mata Kuliah: Ilmu Alamiah Dasar
Dosen: 
Ir. Sri Wulan Windu Ratih, mmsi

Oleh:
Geni Mailitilufa
(53213678)



PROGRAM D3 BISNIS KEWIRAUSAHAAN
(MANAJEMEN KEUANGAN)
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013


Kata Pengantar

     Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena dengan rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyajikan tugas karya tulis tentang “Analisis Pencemaran Lingkungan” ini. Seperti yang kita ketahui, isu lingkungan menjadi isu dunia dewasa ini. Lingkungan yang didiami manusia hamper 70% mengalami pencemaran. Hal ini dapat mengancam kelangsungan hidup manusia.

    Kami menyadari bahwa tulisan ini tidak sempurna, untuk kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harpana untuk kemajuan penulis dimasa yang akan datang. Akhirnya semoga karya tulis ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan umumnya bagi para pembaca.

Bogor, 20 Desember 2013

Penulis

BAB 1

PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Air merupakan sumber kehidupan kita di dunia ini, karena sebagian besar tubuh kita didalamnya membutuhkan air. Dalam kehidupan sehari hari air juga sangant di butuhkan oleh kita untuk minum, mandi, mencuci, dan kepentingan lainnya.  Air yang baik adalah air yang memnuhi standar yaitu air yang tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak beracun. Tapi kini banyak kita lihat sungai yang sering kita jumpai tidak sesuai dengan prosedur yang seharusnya banyak terjadi pencemaran yang di sebabkan oleh manusia itu sendiri karena membuang sampah ke sungai, sampah limbah yang menyebabkan air menjadi keruh dan berbau.

1.2 Rumusan Masalah
1.       Apa yang menyebabkan terjadinya pencemaran sungai ciliwung?
2.       Apa bahaya yang di sebabkan oleh air tersebut?
3.       Apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi ata mencegah pencemaran itu terjadi ?

1.3 Tujuan
1.       Agar masyarakat tau bahaya pencemaran air itu sendiri
2.       Masyarakat bisa membedakan air yang bersih dan yang tercemar
3.       Masyarakat lebih menyadari bahwa pentingnya air dalam kehidupan sehari hari
4.       Dapat mengetahui kandungan polusi air  


BAB II
DASAR TEORI

2.1 Pengertian Polusi Air
Pencemaran air  adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti yang biasa teman-teman lihat kayak danau, waduk, sungai dan sejensinya akibat aktivitas manusia. Danau, sungai, lautan dan  tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia. Pemanfaatan terbesar danau, sungai, lautan dan air tanah adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya berpotensi sebagai objek wisata.


2.2 Macam-macam sumber polusi
Sumber polusi antara lain berasal dari akibat ulah manusia yaitu manusia yang membuang sampah sembarang ke sungai, berdirinya berbagai macam pabrik di sekitar sungai itu sendiri dan limbah yang di hasilkan di buang ke sungai tanpa terlebih dahulu diproses agar tidak mencemari sungai.
                Pembuangan sampah ke sungai mengakibatkan kadar O2 dalam sungai berkurang karena sebagian besar dipergunakan oleh bakteri pembusuk. Pembuangan samapah organic ataupin anorganik secara terus menerus selain mencemari sungai itu sendiri juga dapat menyebabkan banjir.
                Air adalah unsure alam yang penting bagi mahluk hidup dengan sifat air mengalir da meresap. Apabila aliran air itu sendiri terhambat akan menyebabkan banjir, dan kesadaran dari masyarakat itu sendiri untuk menjaga lingkungan sekitar terutama air karena air sumber kehidupan kita. Karena kalau bukan kita sendiri yang menjaga ekosistem sungai siapa lagi?


2.3 kondisi Sungai Ciliwung





Dari gambar di atas dapat kita lihat kondisi sungai ciliwung yang sangat kotor dengan air berwarna coklat, banyaknya tumpukan sampah di sekitar sungai, air yang bau dan berbusa. Dalam kondisi seperti ini air tidak baik untuk di konsumsi. 


BAB III
PEMBAHASAN

3.1 Bahaya Pencemaran Air Sungai
                Bibit bibit penyakit berbagai zat yang bersifat beracun dan bahan radio aktif dapat merugikan manusia. Berbagai polutan memerlukan O2 untuk menguraikannya. Jika O2 berkurang penguraiannya tidak sempurna dan menyebabkan air berubah warna dan berbau busuk. Bahan atau logam logam berat yang tercampur dalam air sungai itu sendiri dapat mengakibatkan penyakit seperti diare dan kanker.
                Banyak akibat yang di sebabkan oleh pencemaran sungai:
1.       Terganggunya organism yang berada di dalam sungai
2.       Pendangkalan dasar sungai
3.       Tidak dapat di konsumsinya air karena sudah tercemar
4.        Dapat terjadinya banjir 
5.    Sumber penyakit bagi yang menggunakan air tersebut

3.2 Usaha usaha untuk mencegah dan mengatasi pencemaran sungai

1. Melestarikan hutan di hulu sungai
    Agar tidak menimbulkan erosi tanah disekitar hulu sungai sebaiknya pepohonan tidak digunduli atau ditebang atau merubahnya menjadi areal pemukiman penduduk. Dengan adanya erosi otomatis akan membawa tanah, pasir, dan sebagainya ke aliran sungai dari hulu ke hilir sehingga menyebabkan pwendangkalan sunmgai.
2. Tidak buang air di sungai
    Buang air kecil dan air besar sembarangan adalahperbuatan yang salah. Kesan pertama dari tinja atau urin yang dibuan sembarangan adalah bau dan menjijikan. Tinja juga merupakan medium yang paliang baik untuk perekembangan bibit penyakit dari yang ringan sampai yang berat, oleh karena itu janganlah buang air besar sembarangan khususnya di sungai.
3. Tidak membuang sampah di sungai
    Sampah yabng dibuang sembarangan di sungaiakan menyababkan aliran air di sungai terhambat. Selain itu juga sampah akan menyebabkan sungai cepaa dangkal dan akhirnya memicu terjadinya banjir di musim penghujan sampah juga membuat sungai tampak kotor menjijnikan dan terkontaminasi
4. Tidak membuang limbah rumah tangga dan industri
    Tempat yang paling mudah untuk membuang limbah industri atau limbah rumah tangga berupa cairan adalah dengan mambuangnya kesungai namun apakah limbah itu aman? Limbah yang dibuang secara asal-asalan tentu saja dapat menimbulkan pencemaran mulai dari bau yang tidak sedap, oencemaran air gangguan penyakit kulit serta masih banyak lagi.


BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan tersebut dapat kami simpulkan bahwa:
1.       Polusi air adalah peristiwa masuknya zat, energy, unsure atau komponen-komponen lain ke dalam air sehingga kualitas air terganggu.
2.       Sumber polusi antara lain rumah tangga, masyarakat, pabrik, limah pertanian dan limbah industry.
3.       Akibat yang ditimbulkan oleh pencemartan itu sendiri yaitu banjir, merusak organ tubuh manusia, menimbulkan berbagai penyakit dan lain lain.

4.2 Saran
1.       Masyarakat lebih berhati hati dalam mengkonsumsi air dari sungai karena sangat berbahaya sebab sudah tercemar dan mengandung berbagai bakteri.
2.       Masyarakat tidak membuang sampah ke sungai buanglah sampah pada tempatnya
3.       Bagi industry pabrik apabila ingin membuang limbah sungai seharusnya dip roses atau disuling agar air yang dibuang ke sungai tidak mencemari ekosistem yang ada di dalam sungai.
4.       Adanya aturan atau denda bagi orang atau pihak yang membuang sampah ke sungai agar tidak mengulangi lagi.

              http://inyongmantap.blogspot.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar